Pemasaran (marketing) sama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemasaran juga bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan sesuai dengan semakin berkembang dan maju nya zaman. Walaupun selalu mengalami perubahan namun, pemasaran tidak akan terlepas dari 3 aspek yaitu konsumen, competitor (pesaing), dan perusahaan. Pada masa era globalisari dan teknologi yang semakin maju memberikan pengaruh yang cukup besar bagi pemasaran dan dengan otomatis menimbulkan tantangan – tantangan baru yang harus dihadapi oleh pembisnis. Pembisnis dituntut untuk bisa memahami kejadian – kejadian yang ada dalam pasar yang dapat mempengaruhi keadaan pasar, dan pembisnis juga dituntut untuk bisa melakukan terobosan untuk dapat melewati semua tantangan yang akan dihadapi dalam pasar.
Di era industry 4.0 saat ini,
teknologi mempengaruhi banyak aspek, gaya hidup, sistem politik, kehidupan sosial
– budaya, dan termasuk ekonomi. Masing – masing mendapat pengaruh tersendiri
dari kemajuan teknologi ini. Pemassaran (marketing) banyak berhubungan dan akan
selalu terikat dengan yang namanya konsumen, dan akan sangat terpengaruhi juga
dengan informasi. Bahkan, pemasaran tidak akan berjalan tanpa adanya informasi
dan komunikasi.
Pemasaran itu sendiri merupakan
proses penyusunan konumikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai
barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan dan memenuhi keinginan
konsumen atau pelanggan. Adanya pemasaran atau marketing diawali dengan adanya
keinginan dari konsumen. Proses memenuhi keinginan ini lah yang menjadi konsep
dasar dari pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan
harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan
barang (promotion).
Dengan banyaknya tambahan elemen –
elemen dalam dunia marketing, maka ilmu marketing juga mengalami perkembangan
dan perubahan. Sebagai contoh, ilmu advertising semakin berkembang
dengan masuknya media -media seperti televisi dan teknologi – teknologi lain
yang mucul pada era ini. Dan pada masa era globalisasi ini marketing makin
berkembang pesat dengan digital marketing, digital marketing adalah upaya
pemasaran produk dan jasa / layanan melalui media online atau internet. Internet
adalah salah satu sarana yang sangat menguntungkan dan memudahkan bagi semua
orang untuk bertukar informasi dan berkomunikasi. Dalam digital marketing ada
beberapa jenis atau macam, yaitu:
1. Email marketing dan sales letter
Pemasaran
memalui email dan salles letter menjadi salah satu pilihan bagi para pembisnis.
Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan email yang berisi iklan, uraian cerita,
ajakan atau apapun yang bersangkutan dengan produk / jasa yang dipasarkan oleh
perusahaan.
2. Video marketing
Pemasaran
melalui video juga menjadi salah satu pilihan bagi para pembisnis. Cara kerja
video marketing adalah dengan membuat video dan meng upload nya ke sosial media
atau ke situs – situs video seperti Youtobe dan lain lain. Dengan meng upload
Video yang berisi iklan produk / jasa yang kita jual maka dapat disaksikan oleh
setiap orang di penjuru dunia. Dan itu akan menjadi keuntungan lebih untuk
perusahaan.
3. Sosial media marketing
Sosial media
menjadi salah satu kebutuhan primer pada saat ini, setiap orang pasti memiliki
minimal satu sosial media. Dengan memanfaatkan keadaan tersebut pemasaran
melalui media sosial adalah salah satu cara marketing paling baik. Cara kerja
pemasaran melalui sosial media sangat lah mudah. Dengan membagikan iklan yang
berisikan informasi tentang produk / jasa yang dijual oleh pembisnis maka
setiap teman yang yang terhubung dalam akun social media itu akan melihat iklan
tersebut dan ada kemungkinan tertarik dengan produk/ jasa yang ditawarkan.
4. Partnership / affiliate marketing (marketing
melalui metode afilasi)
Jenis
marketing adalah dengan memanfaatkan para pengiklan, biasanya para pengiklan
yang mejual produk / jasa nya dengan cara online bisa membangun jaringan
afilasi. Jaringan afilasi adalah pemasaran dengan melibatkan orang lain dalam
penjualan produk / jasa yang di iklankan. Sebagai contoh adalah
www.tokobagus.com , dll.
5. Search engine marketing ( pemasaran menggunkan
mesin pencari)
Jenis
pemasaran ini adalah dengan menggunakan search engine seperti Google. Ini
adalah salah satu senjata bagi para pembisnis yang ingin memasarkan produk /
jasa nya. Bagi orang yang tidak mengetahui dan bingung untuk mencari kemana
akan mengandalkan mesin pencari seperti google. Maka dari itu, cara ini bisa
menjadi salah satu pilihan bagi pembisnis yang usaha nya belum di kenal oleh
publik luas.
Gigital
marketing juga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perusahaan, digital
marketing memiliki beberapa kelebih dan juga memiliki beberapa kekurangan.
Yaitu:
Kelebihan:
a. Memudahkan kegiatan pemasaran
Marketing
digital akan memudahkan kegiatan pemasaran, dengan menggunakan digital,
pemasaran akan lebih cepat dilihat oleh khalayak umum, dan tidak menutup
kemungkinan makin banyak orang yang tertarik dengan produk / jasa yang dijual.
b. Biaya yang dikeluarkan sangat murah
Biaya yang
dikeluarkan dengan menggunakan digital marketing lebih kecil dibandingkan
menggunakan media konvensional.
c. Data pemasaran
Dalam iklan
digital data siapa saja audiens, kata kunci dicari, minat, dan data lainnya
bisa digunakan untuk mengola iklan menjadi lebih efisien dan efektif.
d. Menghasilkan tingkat penjualan yang lebih
tinggi.
Kelebihan
utama dalam digital marketing adalah pembisnis akan mendapat tingkat penjualan
yang lebih tinggi berbanding lurus dengan pemasaran yang lebih luas dan
terjangkau oleh konsumen.
a. Reputasi mudah rusak
Dalam dunia
digital reaksi sangat mempengaruhi tanggapan orang terhadap sesuuatu. Begitu
juga dengan digital marketing, reputasi penjualan bahkan produk / jasa dapat
hancur hanya dengan reaksi pemasaran terhadap konsumen.
b. Bisa ditiru oleh kompetitor
Marketing
melalui digital memiliki kekurangan yang salah satunya adalah ide dalam membuat
iklan mudah di tiru oleh competitor.
c. Belum semua kalangan sadar akan teknologi.
Untuk
digital marketing dapat efektif dan efisien hanya pada generasi generasi
milenial yang memiliki usia produktif.
d. Tidak semua produk cocok dipasarkan melalui
digital.
Dalam
digital marketing tidak semua produk bisa di pasarkan melalui cara ini masih
banyak produk yang lebih efisien jika dipasarkan melalui marketing biasa.
Seperti bahan makanan, dan barang lainnya yang dapat membusuk.
Dalam
melakukan digital marketing juga diperlukan strategi, diantaranya adalah:
1. Mengetahui pasar
Yang
dimaksud oleh mengetahui pasar adalah, pembisnis mengetahui mangsa pasar,
keinginan dan kebutuhan konsumen, dan keadaan pasar yang dituju
2 Tetapkan tujuan
Tetapkan
tujuan bermaksud tetapkan tujuan, konsumen yang di targetkan.
3. Gunakan media pemasaran yang tepat
Pembisnis
harus menentukan menggunakan media apa produk / jasa akan dipasarkan.
4. Gunakan konten yang berkualitas
Pastikan
iklan produk / jasa yang di iklankan tersampaikan dengan baik ke konsumen yang
di targetkan, dan konten yang menarik dapat membuat konsumen lebih mudah
tertarik pada produk yang dijualkan.
5. Mengembangkan relasi
Dalam
mengembangkan bisnis juga dibutuhkan relasi yang cukup luas, untuk saling
bertukar informasi dan saling mengembangkan bisnis masing – masing.
Menerapkan
Digital marketing dalam bisnis merupakan salah satu Langkah yang akan membantu
mendapatkan penjualan maksimal. Namun, digital marketing juga diperlukan
pengetahuan yang luas, strategi yang matang.
*Artikel
telah diposting di Dunia Kampus 4.0
artikel yang bagus dan sangat bermanfaat !
BalasHapusArtikelnya informatif! Kerenn
BalasHapusWah sangat informatif dan bermanfaat
BalasHapusKERENN!!
BalasHapusArtikelnya informatif banget! Kerenn
BalasHapusBaru kali ini menemukan artikel seinformatif ini
BalasHapus
BalasHapusTerima kasih atas resepnya sangan membantu
waa keren bgt artikelnyaa!!
BalasHapusMantap, suatu saat ini berguna buat tugas dan di copas abis itu di masukin ke daftar pustaka
BalasHapus
BalasHapusWah dapat informasi baru dari artikelnya, terima kasih.
Sangat berguna sekali baca artikel ini, semoga selalu bisa memberikan informasi informasi yang bermanfaat
BalasHapus👍🏻
BalasHapusSangat informatif!
BalasHapusSangat informatif!
BalasHapusArtikel ini sangat membantu,, terimakasih...sukses selalu
BalasHapusKeren, sangat inspiratif.
BalasHapus