Digital Marketing

                Pemasaran (marketing) sama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemasaran juga bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan sesuai dengan semakin berkembang dan maju nya zaman. Walaupun selalu mengalami perubahan namun, pemasaran tidak akan terlepas dari 3 aspek yaitu konsumen, competitor (pesaing), dan perusahaan. Pada masa era globalisari dan teknologi yang semakin maju memberikan pengaruh yang cukup besar bagi pemasaran dan dengan otomatis menimbulkan tantangan – tantangan baru yang harus dihadapi oleh pembisnis. Pembisnis dituntut untuk bisa memahami kejadian – kejadian yang ada dalam pasar yang dapat mempengaruhi keadaan pasar, dan pembisnis juga dituntut untuk bisa melakukan terobosan untuk dapat melewati semua tantangan yang akan dihadapi dalam pasar.

            Di era industry 4.0 saat ini, teknologi mempengaruhi banyak aspek, gaya hidup, sistem politik, kehidupan sosial – budaya, dan termasuk ekonomi. Masing – masing mendapat pengaruh tersendiri dari kemajuan teknologi ini. Pemassaran (marketing) banyak berhubungan dan akan selalu terikat dengan yang namanya konsumen, dan akan sangat terpengaruhi juga dengan informasi. Bahkan, pemasaran tidak akan berjalan tanpa adanya informasi dan komunikasi.

            Pemasaran itu sendiri merupakan proses penyusunan konumikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan dan memenuhi keinginan konsumen atau pelanggan. Adanya pemasaran atau marketing diawali dengan adanya keinginan dari konsumen. Proses memenuhi keinginan ini lah yang menjadi konsep dasar dari pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).

            Dengan banyaknya tambahan elemen – elemen dalam dunia marketing, maka ilmu marketing juga mengalami perkembangan dan perubahan. Sebagai contoh, ilmu advertising semakin berkembang dengan masuknya media -media seperti televisi dan teknologi – teknologi lain yang mucul pada era ini. Dan pada masa era globalisasi ini marketing makin berkembang pesat dengan digital marketing, digital marketing adalah upaya pemasaran produk dan jasa / layanan melalui media online atau internet. Internet adalah salah satu sarana yang sangat menguntungkan dan memudahkan bagi semua orang untuk bertukar informasi dan berkomunikasi. Dalam digital marketing ada beberapa jenis atau macam, yaitu:

1.     Email marketing dan sales letter

Pemasaran memalui email dan salles letter menjadi salah satu pilihan bagi para pembisnis. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan email yang berisi iklan, uraian cerita, ajakan atau apapun yang bersangkutan dengan produk / jasa yang dipasarkan oleh perusahaan.

2.     Video marketing

Pemasaran melalui video juga menjadi salah satu pilihan bagi para pembisnis. Cara kerja video marketing adalah dengan membuat video dan meng upload nya ke sosial media atau ke situs – situs video seperti Youtobe dan lain lain. Dengan meng upload Video yang berisi iklan produk / jasa yang kita jual maka dapat disaksikan oleh setiap orang di penjuru dunia. Dan itu akan menjadi keuntungan lebih untuk perusahaan.

3.    Sosial media marketing

Sosial media menjadi salah satu kebutuhan primer pada saat ini, setiap orang pasti memiliki minimal satu sosial media. Dengan memanfaatkan keadaan tersebut pemasaran melalui media sosial adalah salah satu cara marketing paling baik. Cara kerja pemasaran melalui sosial media sangat lah mudah. Dengan membagikan iklan yang berisikan informasi tentang produk / jasa yang dijual oleh pembisnis maka setiap teman yang yang terhubung dalam akun social media itu akan melihat iklan tersebut dan ada kemungkinan tertarik dengan produk/ jasa yang ditawarkan.

4.     Partnership / affiliate marketing (marketing melalui metode afilasi)

Jenis marketing adalah dengan memanfaatkan para pengiklan, biasanya para pengiklan yang mejual produk / jasa nya dengan cara online bisa membangun jaringan afilasi. Jaringan afilasi adalah pemasaran dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk / jasa yang di iklankan. Sebagai contoh adalah www.tokobagus.com , dll.

5.    Search engine marketing ( pemasaran menggunkan mesin pencari)

Jenis pemasaran ini adalah dengan menggunakan search engine seperti Google. Ini adalah salah satu senjata bagi para pembisnis yang ingin memasarkan produk / jasa nya. Bagi orang yang tidak mengetahui dan bingung untuk mencari kemana akan mengandalkan mesin pencari seperti google. Maka dari itu, cara ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi pembisnis yang usaha nya belum di kenal oleh publik luas.

Gigital marketing juga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perusahaan, digital marketing memiliki beberapa kelebih dan juga memiliki beberapa kekurangan. Yaitu:

Kelebihan:

a.   Memudahkan kegiatan pemasaran

Marketing digital akan memudahkan kegiatan pemasaran, dengan menggunakan digital, pemasaran akan lebih cepat dilihat oleh khalayak umum, dan tidak menutup kemungkinan makin banyak orang yang tertarik dengan produk / jasa yang dijual.

b.    Biaya yang dikeluarkan sangat murah

Biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan digital marketing lebih kecil dibandingkan menggunakan media konvensional.

c.     Data pemasaran

Dalam iklan digital data siapa saja audiens, kata kunci dicari, minat, dan data lainnya bisa digunakan untuk mengola iklan menjadi lebih efisien dan efektif.

d.    Menghasilkan tingkat penjualan yang lebih tinggi.

Kelebihan utama dalam digital marketing adalah pembisnis akan mendapat tingkat penjualan yang lebih tinggi berbanding lurus dengan pemasaran yang lebih luas dan terjangkau oleh konsumen.


         Kekurangan:

a.   Reputasi mudah rusak

Dalam dunia digital reaksi sangat mempengaruhi tanggapan orang terhadap sesuuatu. Begitu juga dengan digital marketing, reputasi penjualan bahkan produk / jasa dapat hancur hanya dengan reaksi pemasaran terhadap konsumen.

b.   Bisa ditiru oleh kompetitor

Marketing melalui digital memiliki kekurangan yang salah satunya adalah ide dalam membuat iklan mudah di tiru oleh competitor.

c.  Belum semua kalangan sadar akan teknologi.

Untuk digital marketing dapat efektif dan efisien hanya pada generasi generasi milenial yang memiliki usia produktif.

d.     Tidak semua produk cocok dipasarkan melalui digital.

Dalam digital marketing tidak semua produk bisa di pasarkan melalui cara ini masih banyak produk yang lebih efisien jika dipasarkan melalui marketing biasa. Seperti bahan makanan, dan barang lainnya yang dapat membusuk.

Dalam melakukan digital marketing juga diperlukan strategi, diantaranya adalah:

1.     Mengetahui pasar

Yang dimaksud oleh mengetahui pasar adalah, pembisnis mengetahui mangsa pasar, keinginan dan kebutuhan konsumen, dan keadaan pasar yang dituju 

2    Tetapkan tujuan

Tetapkan tujuan bermaksud tetapkan tujuan, konsumen yang di targetkan.

3.    Gunakan media pemasaran yang tepat

Pembisnis harus menentukan menggunakan media apa produk / jasa akan dipasarkan.

4.     Gunakan konten yang berkualitas

Pastikan iklan produk / jasa yang di iklankan tersampaikan dengan baik ke konsumen yang di targetkan, dan konten yang menarik dapat membuat konsumen lebih mudah tertarik pada produk yang dijualkan.

5.    Mengembangkan relasi

Dalam mengembangkan bisnis juga dibutuhkan relasi yang cukup luas, untuk saling bertukar informasi dan saling mengembangkan bisnis masing – masing.

            Menerapkan Digital marketing dalam bisnis merupakan salah satu Langkah yang akan membantu mendapatkan penjualan maksimal. Namun, digital marketing juga diperlukan pengetahuan yang luas, strategi yang matang.

 

*Artikel telah diposting di Dunia Kampus 4.0

https://www.duniakampus40.net/

Komentar

  1. artikel yang bagus dan sangat bermanfaat !

    BalasHapus
  2. Wah sangat informatif dan bermanfaat

    BalasHapus
  3. Artikelnya informatif banget! Kerenn

    BalasHapus
  4. Baru kali ini menemukan artikel seinformatif ini

    BalasHapus

  5. Terima kasih atas resepnya sangan membantu

    BalasHapus
  6. Mantap, suatu saat ini berguna buat tugas dan di copas abis itu di masukin ke daftar pustaka

    BalasHapus

  7. Wah dapat informasi baru dari artikelnya, terima kasih.

    BalasHapus
  8. Sangat berguna sekali baca artikel ini, semoga selalu bisa memberikan informasi informasi yang bermanfaat

    BalasHapus
  9. Artikel ini sangat membantu,, terimakasih...sukses selalu

    BalasHapus

Posting Komentar